Berikut ini Contoh Paket Permainan Outbound Ponorogo , Outbound malang, Outbound Jogja, Outbound bandung, Outbound Jawa Barat, Outbound Bogor dan daerah lain yang memiliki lembaga Pelatihan dan Outboun. Selamat membaca Contoh
Paket Permainan Outbound Ponorogo , Outbound malang, Outbound Jogja,
Outbound bandung, Outbound Jawa Barat, Outbound Bogor dan daerah lain
yang memiliki lembaga Pelatihan dan Outboun. Semoga Bermanfaat.
Contoh Permainan Outbound TES 7 MENIT
Waktu : 7 menit.
Alat dan bahan : Lembar soal sebagaimana
contoh di bawah.
Aturan main : Mintalah siswa mengerjakan soal dengan cermat.
Aturan main : Mintalah siswa mengerjakan soal dengan cermat.
Lembar Soal : Tes
7 menit
Baca dengan baik dan seksama seluruh
pertanyaan di bawah ini SEBELUM mulai menjawab, waktu mengerjakan soal 7 menit.
Peserta yang paling cepat dan benar dalam menjawab akan mendapatkan
penghargaan. Jawaban dituliskan di balik lembar soal.
1. Tuliskan
nama kamu di bagian kanan atas.
2. Tuliskan
tanggal lahir di sebelah kiri atas dan beri lingkaran.
3. Tuliskan
alamat rumah di bagian kanan bawah kertas, tulis dengan HURUF BESAR.
4. Tuliskan 2
nama orang yang dapat menyimpan rahasia kamu.
5. Tuliskan makanan
favorit kamu.
6. Jika punya
HP, tuliskan nomor HP, jika tidak tuliskan no telepon rumah kamu.
7. Tuliskan 3 benda
pribadi kesukaan kamu.
8. Bagaimana
cara menyelesaikan kasus tawuran antar pelajar yang menjadi sorotan saat ini?
Cukup uraikan dengan 2 - 3 kalimat saja.
9. Majulah ke
depan kelas, teriakan dengan suara lantang : “AKU MAU JADI ORANG SUKSES”.
10. Bacalah do’a
mau makan dengan suara lantang di tempat kamu duduk.
11. Jika sudah
selesai mengerjakan nomor 10, tuliskan
cita-cita Anda di pojok kiri bawah.
12. Segera
berdiri dan tepuk bahu kanan teman terdekat anda lalu berikan senyuman terbaik!
13. Katakan : “Teman, saya
sudah selesai, mengapa kamu begitu lambat, ada yang bisa saya bantu?”.
14. Sambil
kembali ke tempat duduk teriakan dengan lantang: “Yes-yes-yes”, akulah manusia
tercepat !
15. Buatlah
tanda tangan sebagus mungkin di kertas pada posisi yang kamu sukai dan
kumpulkan kertas jawabannya serta kembali ke tempat duduk dengan tenang.
16. Teriakkan :
SAYA SIGAP MENGERJAKAN SEGALA HAL!
17. Tepuk tangan
5 kali sebagai tanda telah menyelesaikan soal
18. Kerjakan
hanya soal nomor 12.
19. Tuliskan 4
nama teman akrab.
20. Tuliskan 3
tokoh idola kamu baik dari luar atau dalam negeri.
Catatan :
ü
Perwakilan siswa menyampaikan komentar atas permainan.
ü
Ulasan :
kecepatan dalam mengerjakan soal ujian
adalah satu hal yang penting, namun kecepatan tanpa kehati-hatian, ketepatan
dan ketelitian akan membawa kerugian. Dalam simulasi tes 7 menit tersebut,
mayoritas siswa akan langsung mengerjakan soal tanpa memperhatikan instruksi
yang diberikan, yaitu membaca seluruh soal terlebih dahulu sebelum mengerjakan. Siswa yang teliti hanya akan mengerjakan soal
nomor 5, 7 dan 15, sebagaimana instruksi dalam nomor 18.
ü Tujuannya
: Mengasah
otak peserta dalam berfikir, mencerna dan menelaah pertanyaan-pertanyaan yang
diberikan.
Contoh Permainan Outbound KERETA MANUSIA BUTA
Tujuan
: Dapat
merasakan menjadi seorang pemimpin dan menjadi orang yang dipimpin
Langkah – langkah :
1.
Fasilitator
membuat arena kereta.
2. Peserta
diminta untuk menutup matanya dan salaing memegang bahu teman yang ada
didepannya, kecuali yang belakang.
3. Peserta
yang paling belakang yang tidak ditutup matanya, mengomando semua anggotanya
dengan cara bila arena belok kanan, bahu kanan teman didepannya ditepuk sekali
dan dilanjutkan sampai pada peserta yang paling depan untuk melangkah sesuai
dengan instruksi dari belakang.
4.
Bila
arena belok kanan ditepuk bahu kiri teman didepannya dan dilanjutkan sampai
pada peserta yang paling depan untuk melangkah sesuai dengan instruksi dari
belakang. Dan bila arena lurus maka instruksinya di tepuk kedua duanya sekali.
Evaluasi dan refleksi
o Tanyakan kepada peserta bagaimana
perasaan dalam melakukan permainan tersebut?
o Fasilitator melakukan
brainstorming dengan peserta agar tecapai tujuan permainan ini.
Contoh Permainan Outbound “IKUTI APA YANG SAYA KATAKAN”
Prosedur:
Ø
Pertama sampaikan peraturannya kepada audience.
Setelah semuanya paham barulah dimulai. Kalau perlu berilah contoh/praktekan
sekali saja.
Ø
Kata kunci kita pada permainan ini adalah instruksi : “Ikuti
Apa Yang Saya Katakan” peserta disuruh mengikuti kata-kata trainer. Trainer
bisa memilih beberapa benda atau hewan untuk disebutkan.
Ø
misalnya :
1.
ayam-ayam, itik-itik, ayam itik itik ayam,(diulang-ulang
sampai beberapa kali). Setelah cukup puas membuat peserta senang, katakan: ada
berapa ayam? (biasanya peserta akan bingung dan terdiam di sini, kebanyakan
dari mereka bahkan minta agar permainan diulang).
2.
ikuti saja
kemauan mereka, diulang beberapa kali dengan tetap menyebutkan instruksi
permainan ini. Mungkin akan keluar jawaban-jawaban berupa angka-angka, katakan
bahwa semua jawaban salah…! Maka harus diulangi lagi. Setelah beberapa lama,
biasanya audience akan sadar terhadap instruksinya, sehingga jawabannya pun
akan benar. Karena yang disuruh bukan menghitung ayam atau itiknya, tapi untuk
mengikuti yang dikatakan trainer.
Ø
Inti dari permainan ini adalah konsentrasi, aitu untuk
mengenali dan melaksanakan instruksi yang diberikan, bukan untuk menghitung
jumlah ayam atau itik.
Contoh Permainan Outbound “TEBAK APA YANG SAYA KATAKAN”
Prosedur :
v Sampaikan
instruksi permainan ini: “tebak apa yang saya katakan”
v Sambil
menunjukkan jempol, trainer mengucapkan ini ayam
v Ketika
menunjukkan telunjuk trainer mengucapkan yang ini sapi
v Kemudian
ketika menunjukkan jari tengah trainer mengucapkan kalo yg ini
kerbau.
v Tanyakan
kepada peserta sudah paham atau belum, praktekan sekali untuk mengetest
kepahaman mereka, setelah dirasa paham, barulah trainer menjalankan aksinya.
v Peserta
diminta menebak apa yang trainer katakan, katakan seperti contoh diatas,
setelah selesai, katakan” Kalo yang ini” tetapi kita menunjuk pada
jari kelingking. Biasanya peserta akan bingung dan protes. Ulangi lagi
dengan variasi lain. Sampai terjawab dengan benar.
v Ketika
peserta telah memahami instruksi diatas, maka ia akan mengikuti kata kunci
tanpa memperhatikan jari mana yang kita tunjukkan. Jawaban yang benar adalah
bila trainer menyebutkan “ini”, maka jawabannya adalah “ayam”
dst, seperti dibawah ini:
Pertanyaan
|
Jawaban
|
ini
|
ayam
|
yang ini
|
sapi
|
kalo yang
ini
|
kerbau
|
v Nama hewan
dan urutan bisa terserah trainer, jadi letak seru atau tidaknya permainan ini
adalah bagaimana peserta bingung menjawab pertanyaan trainer karena tidak
memperhatikan instruksi.
Contoh Permainan Outbound 9 KOTAK
9 kotak
adalah game pelatihan yang membutuhkan ketrampilan berhitung, permainan ice
breaking ini cocok sekali bagi tentor matematika atau atau fisika. Namun tidak
menutup kemungkinan bagi guru mata pelajaran lain untuk memberikan materi
ice breaking ini di dalam kelas, asalkan si siswanya sudah cukup kemampuan
berhitung, karena ice breaking ini membutuhkan kemampuan menjumlahkan.
Cara bermain :
1.
Instruktur
memberikan waktu ini kepada peserta selama 10 menit.
2.
Peserta
disuruh membuat lingkaran yang besar (sesuai dengan kondisi tempat).
3. Peserta
disuruh mengisi kotak-kotak tersebut dengan angka 1 sampai sembilan tanpa harus
mengulang angka-angka tersebut dua kali.
4. Kotak-kotak
tersebut jika dijumlahkan secara vertikal, horizontal dan diagonal berjumlah
15.
Contoh :
8
|
1
|
6
|
3
|
5
|
7
|
4
|
9
|
2
|
Langkah–langkah
:
·
Minta setiap peserta untuk
berpasangan, 1 orang menjadi bayangan di cermin dan 1 orang menjadi seseorang
yang sedang berdandan di depan cermin.
·
Bayangan harus mengikuti gerak
– gerik orang yang berdandan.
·
Keduanya harus bekerja sama
agar bisa bergerak secara kompak dengan kecepatan yang sama.
·
Minta peserta untuk
mendiskusikan apa pesan dalam permainan ini.
Contoh Permainan Outbound MUTIARA DALAM KERANG
Games ini termasuk dalam kategori
fun games. Sangat cocok sebagai ice breaking (game untuk memecah kebekuan
peserta outbound). Fun dan penuh dengan keceriaan.
Cara
permainan :
1.
Pertama-tama peserta outbound dibuat dalam suatu
lingkaran besar.
2. Instruktur outbound memberikan aturan permainan dalam
keadaan peserta posisi lingkaran besar.
3.
Bila instruktur berkata “2” dan “5’, artinya seluruh
peserta membentuk kelompok, 2 orang berada di dalam lingkaran, sedangkan 5
orang berada di luar lingkaran
4.
Bila instruktur berkata “5” dan “3” artinya seluruh
peserta membentuk kelompok dengan 5 orang berada di dalam lingkaran, sedangkan
3 orang berada di luar lingkaran.
5. Peserta yang tidak mendapatkan kelompok harus keluar
dari permainan untuk mendapatkan hukuman ala outbound.
6.
Games ini dapat digunakan untuk mencari kelompok
secara acak.
Tujuan permainan :
- Melatih peserta outbound training untuk cepat dalam bertindak.
- Melatih peserta outbound training untuk memiliki komunikasi yang efektif
Contoh Permainan Outbound WATER ESTAFET
Tujuan
permainan :
·
Kerjasama team
·
Mengatur cara kerja yang efektif
·
Pembagian tugas/menempatkan personel dengan tepat
·
Kekompakan antar anggota team
Peralatan
yang dibutuhkan :
·
Ember berisi air
·
Gelas plastik yang bagian bawahnya diberi lubang
·
Sebuah botol plastik
Cara
permainan
·
Peserta duduk dalam posisi berbanjar
·
Peserta outbound paling depan bertugas mengambil air,
sedangkan peserta paling belakang bertugas menuang air ke dalam botol
·
Gelas yang telah berisi air secara estafet diberikan
kepada rekan dibelakangnya melalui kepala
·
Lubang gelas hanya boleh ditutup oleh jari tangan saja
·
Menggunakan batas waktu tertentu
·
Botol yang berisi air terbanyak dengan batas waktu
tertentu adalah pemenangnya
Tujuan
Permainan :
1.
Melatih sikap pantang menyerah dalam menggapai impian
2.
Mampu belajar dari pengalaman yang salah
Alat :
1.
Tali plastik kecil
2.
Carabineer
3.
Kerta bertuliskan impian peserta
Cara
permainan :
1.
Tali diikatkan pada pohon-pohon.
2.
Kerta bertuliskan impian ditempatkan pada pohon dengan
posisi kertas terbalik, sehingga tulisan tidak terlihat.
3.
Peserta diberi carabineer.
4.
Permainan ini diumpamakan peserta dalam posisi
menggantung pada tali dengan kaki tidak menyentuh tanah, sehingga mereka harus
menggunakan carabineer untuk tetap bisa menggantung.
5.
Pada saat peserta berpindah dari tali yang satu ke
yang lain, mereka terlebih dahulu harus mengaitkan carabineer dengan tali
tersebut.
6.
Peserta harus tetap berjalan mencari kertas yang
bertuliskan impian mereka sendiri.
7. Apabila peserta menemukan impian temannya, maka harus
dikembalikan ke tempat semula.
8.
Setelah peserta menemukan impian mereka sendiri,
peserta harus kembali ke posisi start dengan cara yang sama.
0 Response to "Contoh Permainan Outbound "
Post a Comment
JANGAN LUPA Tulis Komentar dan SHARE...! #SemangatBerbagiKebaikan #SEBARKANLAH