De-Inhibitizer Game
Burma Bridge
Bentuk Permainan: Setiap peseta diminta meniti bambu yang telah disediakan dengan ketinggian 2 m dan panjang 15 m, fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut, fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya, fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta, saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran.
Tujuan: Melatih percaya diri untuk menghadapi segala ujian dan rintangan dalam kehidupan. Melatih Kepercayaan diri dan berani mengambil keputusan
De-Inhibitizer Game
Bentuk permainan: Peserta dalam posisi berbanjar, peserta yang paling depan bertugas mengambil air, sedangkan peserta paling belakang bertugas menuang air ke dalam bambu, secara estafet diberikan kepada rekan dibelakangnya, menggunakan batas waktu tertentu, ember yang berisi air terbanyak dengan batas waktu tertentu adalah pemenangnya.
Tujuan permainan : Kerjasama team, mengatur cara kerja yang efektif, pembagian tugas/menempatkan personel dengan tepat, kekompakan antar anggota team.
De-Inhibitizer Game
&
Bentuk Permainan: Peserta di bagi dalam beberapa kelompok tim, telah diberikan batasan garis finish terlebih dahulu. Seluruh peserta membuat barisan satu banjar kebelakang. Seluruh mata peserta ditutup oleh penutup mata/slayer. Peserta yang paling belakang bertindak sebagai masinis. Instruktur mengumpulkan “masinis” kemudian diberi briefing cara permainan dan diberitahu garis finishnya. Seluruh masinis kembali kekelompoknya masing-masing, berdiri diposisi paling belakang barisan. Cara
berjalan adalah, dengan cara menepuk bahu kanan untuk belok ke kanan.
Menepuk bahu kiri untuk belok ke kiri. Menepuk dua-duanya untuk jalan
lurus. Mulut tidak boleh berbicara sama sekali, kelompok pertama yang sampai di garis finish adalah pemenangnya.
Tujuan Permainan : Melatih kekompakan team/tim, melatih kepercayaan kepada pemimpin, pengaturan strategi, menempatkan orang di tempat yang tepat.
De-Inhibitizer Game
Bentuk Permainan: Semua anggota tim diminta untuk berdiri di atas kain / terpal,
seakan akan mereka berada dia atas sebuah kapal yang akan tenggelam.
Tidak ada bagian dari kaki berdiri diluar kain. Setelah mereka berhasil
berdiri, maka instruktur outbound menghitung
satu sampai lima hitungan. Apabila berhasil, kain dilipat menjadi lebih
kecil. Kemudian dilakukan kembali proses seperti semula. Kelompok yang
mampu berdiri di atas kain yang terkecil adalah pemenangnya.
Tujuan: Menumbuh kembangkan suatu bentuk kebersamaan dalam situasi dan kondisi apapun.
Problem Solving Game
Puncture Pipe
Bentuk Permainan: Masing-masing kelompok diminta berlomba mengeluarkan bola pimpong yang ada dalam pipa bocor dengan menggunakan air. Cara menuangkan air ke dalam pipa hanya boleh menggunakan ember yang telah disediakan dengan waktu yang telah ditentukan. Pemaknaan
dalam permainan ini adalah bagaiman mengatur strategi kerjasama
kelompok, strategi menyelesaikan masalah dan kepemimpinan.
Tujuan: Berani menerima tantangan, meningkatkan kemampuan mengatasi berbagai masalah.
Problem Solving Game
Toxic Forest
Bentuk Permainan: Kelompok berusaha memenuhi ember besar yang diletakkan ditengah lingkaran racun dengan menggunakan ember kecil. Cara menuangkannya, ember yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan. Saat melakukan evakuasi, anggota badan tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan.
Tujuan: Strategi, kepemimpinan, komunikasi, berani dan tahan menerima kegagalan.
Problem Solving Game
Escape From Alcatraz
Peserta
diharuskan mengingat setiap langkah pada labirin step, yang kemudian
informasi ini disampaikan kepada anggota timnya, sehingga terhindar dari
jebakan penjara. Pada permainan ini ada seorang fasilitator yang
bertugas menjadi kepala sipir, sehingga apabila ada salah satu anggota
yang terjebak pada perangkap maka ia akan dipenjara. Point plus akan
diberikan kepada kelompok yang paling banyak keluar dari area penjara
ini.
Problem Solving Game
Bentuk Permainan: Semua
peserta harus menyebrang dari suatu titik tertentu ke sebilah papan
berukuran 1 x 1 meter persegi dengan menggunakan seutas tali dan
berkumpul menjadi satu (all in board). Permainan ini dibuat se-seru
mungkin dengan mengembalikan semua pemain apabila ada yang menginjak
tanah, baik pada saat menyebrang maupun pada saat menunggu teman yang
lain berada di papan.
Tujuan Permainan : Strategic planning, membagi kekuatan, komunikasi dan saling menjaga satu sama lain anggotanya.
Problem Solving Game
Sleeping Tree
Bentuk Permainan:
Batang pohon berdiameter 10 – 15 cm sepanjang 3 meter di buat melayang
dengan cara diikat pada 2 buah pohon masing-masing sisinya. Seluruh
peserta naik pada pohon tersebut dan perintah berikutnya adalah
mengikuti instruksi fasilitator.
Tujuan Permainan: Melatih kesabaran, kemungkinan dimunculkan bentuk kepemimpinan dasar dan komunikasi efektif
High Rope Course Game
Bentuk Permainan: Dalam
sebuah kegiatan outbound training, Sepertinya tidak lengkap bila tidak
ada Flying fox. Game ini sendiri termasuk dalam kategori High Impact,
sehingga dibutuhkan peralatan yang memadai, safety yang memadai dan juga
tenaga operator maupun instruktur yang mempunyai pengalaman yang cukup
untuk memainkan games ini. Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan
permainan ini adalah : Carmantel, Sling Baja, Carabiner, Harnes, Pulley,
Helm, dll. Cara mainnya sederhana, setiap peserta training outbound disuruh untuk meluncur dari ketinggian melalui tali/sling yang teah disediakan.
Tujuan: Melatih peserta untuk cepat mengambil keputusan, melatih keberanian dan merubah pola pikir.
Hal yang harus diperhatikan : Games ini beresiko tinggi, sehingga diharapkan untuk tidak melakukan coba-coba/bereksperimen hal yang tidak perlu
High Rope Course Game
Elvis Walk
Bentuk Permainan: Seluruh peserta harus
melewati tali yang digantungkan dan berjalan menyusuri tali tersebut
dengan menggunakan tali pegangan yang direnangkan diatasnya. Kelihatannya
mudah tetapi menakutkan pada kenyataannya sulit tetapi menyenangkan
namun begitu tetap membutuhkan konsentrasi dan keberanian untuk
melakukannya. Tali yang diikatkan tingginya sekitar 10 meter diatas tanah.
Tujuan: Melatih peserta untuk cepat mengambil keputusan, melatih keberanian dan merubah pola pikir.
High Rope Course Game
Monkey Leader
Bentuk Permainan: Seluruh peserta harus melewati tali yang digantungkan dan berjalan menyusuri tali tersebut (bergaya seperti monyet) dengan menggunakan tali pegangan yang direnangkan diatasnya. Permainan ini kuncinya adalah membutuhkan konsentrasi dan keberanian untuk melakukannya. Tali yang diikatkan tingginya sekitar 8 sd10 meter diatas tanah.
Tujuan: Melatih peserta untuk cepat mengambil keputusan, melatih keberanian dan merubah pola pikir
Redaktur : Dwi
sumber : vinividiviciadventurecamp.blogspot.com
0 Response to "Beberapa games menarik di outbound"
Post a Comment
JANGAN LUPA Tulis Komentar dan SHARE...! #SemangatBerbagiKebaikan #SEBARKANLAH